Kamis, 07 Maret 2013

IKTIBA (MENGIKUTI) AKHLAK YANG DICONTOHKAN OLEH RASULULLAH, SAHABAT, TABI'IN DAN TABI'UT TABI'IN
MEMBIMBING DAN MENGAJAK KEPADA PEMAHAMAN SHALAFUS SHALEH
MURNIKAN TAUHID DAN TEGAKKAN DAKWAH

Sabtu, 08 Mei 2010

BID'AH DAN KHURAFAT DI INDONESIA

Bismillahirrahmaanirraahiim

RINGKASAN BUKU BID’AH DAN KHURAFAT DI INDONESIA

MENGENAL BID’AH

Sesungguhnya ucapan yang paling benar adalah Kitabullah, dan sebaik-baik jalan hidup ialah jalan hidup Muhammad, sedangkan seburuk-buruk urusan agama ialah yang diada-adakan. Tiap-tiap yang diada-adakan adalah bid'ah, dan tiap bid'ah adalah sesat, dan tiap kesesatan (menjurus) ke neraka. (HR. Muslim).

Bid’ah adalah sesuatu yang Baru dalam agama dan tidak ada contoh sebelumnya, dari cara bentuknya, bid’ah mirip dengan syariat, tetapi secara hakikat bertentangan. Dengan kemiripannya, bid’ah menjadi pesaing syariat dalam beribadah kepada Allah. Sipelaku bid’ah menganggap bahwa yang dia lakukan itu lebih baik, lebih memadai atau bias menjadi cara lain dalam beribadah. (hal 14)

Dalam hadits Rasulullah shalallahu alaihi wasalam bersabda
Barangsiapa menimbulkan sesuatu yang baru dalam urusan (agama) kita yang bukan dari ajarannya maka tertolak. (HR. Bukhari)

Fudhail bin Iyadh menyimpulkan “ Sesungguhnya amal itu apabila ikhlas tetapi tidak benar, maka tidak diterima dan jika benar tetapi tidak ikhlas, maka tidak diterima pula. Amal yang diterima adalah manakala ikhlas dan benar. Ikhlas adalah beramal karena Allah, sedangkan maksud dari benar adalah sesuai dengan sunnah Rasulullah Shalallahu alaihi wasalam. ( halaman 19)

MENGENAL KHURAFAT

Barangsiapa yang mengurungkan keperluannya karena takut kesialan, maka ia benar-benar telah berbuat kemusyrikan. (HR.Ahmad)

Khurafat secara bahasa diartikan dengan takhayul, dongeng atau legenda. Sedangkan khurafi adalah hal yang berkenaan dengan takhayul atau dongeng. Khurafat juga dapat diartikan dengan hal yang berkenaan dengan kepercayaan yang tidak masuk akal (batil) dan tidak pula didasari oleh dalil syar’I yang shahih. (halaman 36-37).

HAL YANG TERMASUK BID’AH DAN KHURAFAT DI INDONESIA.

1. Kualat karena melanggar adat dan Cegah bencana dengan ritual tolak bala.
Jika disuatu daerah adat lebih diutamakan dari agama maka ini sangat berbahaya dan sangat rentan dengan unsur pelanggaran agama. Jika didaerah itu ada adat yang ditentang maka pemuka-pemuka adat langsung mengatakan bahwa orang yang menentang itu akan kualat, sementara adat yang ditentang adalah yang tidak sesuai dengan agama. Lalu darimana datangnya kualat pada orang yang mengikuti agama walaupun itu melanggar adat ? bukankah bencana datang dari Allah ? bukankah adat itu melanggar perintah Allah ?.
Setiap setelah bencana terjadi, selalu ada dukun yang ikut bagian. Tolak bala dan menjadi acara ritual. Namun kadang pelaku (dukun) itu hanya numpang tenar. Ada pula yang ingin dianggap sakti oleh masyarakat karena mampu mencegah bencana yang akan datang. (halaman 45)

2. Hilangkan mimpi buruk dengan membalik bantal
Ada suatu keyakinan apabila kita mengalami mimpi buruk yang berkelanjutan maka disarankan untuk membalik bantal. Karena dengan demikian maka mimpi itu tidak akan menjadi kenyataan. (halaman 49)

3. Menanam kepala kerbau
Jika ada suatu bangunan atau jembatan runtuh maka mereka mengatakan “ itu akibatnya kalau tidak ada tebusan kepala kerbau!. Tapi jika ternyata yang ambruk itu pernah ditanami kepala kerbau, mereka diam diam seribu bahasa.( Halaman 52)

4. Sial karena hukum karma.
Karma adalah bagian dari kepercayaan hindu-budha. Karma terjadi apabila seseorang melakukan perbuatan yang melanggar adat atau norma maka orang tersebut pada saat nanti akan ditimpa kesialan. (halaman 56)

5. Musibah karena mendahului kakaknya menikah
Dalam pernikahan terlalu banyak persyaratan yang harus ditempuh..seperti, nama harus cocok, urutan keturunan harus cocok, hari pernikahan harus cocok, bahkan ada juga yang meyakini jika ada adik yang mendahului kakanya untuk menikah maka kakaknya akan tidak laku.

6. Selamatan tujuh bulan dalam kandungan
Tradisi selamatan 7 bulan oleh masyarakat masih jadi suatu kewajiban. Dalam tradisi ini dilakukan berbagai ritual, situal siraman dengan berbagai jenis kembang, mengggunakan pakaian berbagai jenis motif, dan banyak ritual lainnya yang tiap daerah berbeda-beda.

7. Kokok ayam ditengah malam, isyarat wanita hamil diluar nikah.
Mungkin pernah terjadi secara kebetulan adanya kabar seorang gadis yang hamil diluar nikah, saat dimana ada orang mendengar ayam jantan berkokok ditengah malam, lalu kedua peristiwa tersebut dikait-kaitkan. Padahal tak ada hubungan antara keduanya. Ini hanyalah mitos dan khurafat. (halaman 68)

8. Sesaji untuk bersyukur
Tradisi adat masyarakat kita masih menganggap dan melaksanakan suatu acara (pesta) apabila mendapatkan rezeki, keberuntungan dan panen pertanian dengan melakukan syukuran yang lengkap dengan berbagai jenis hidangan atau sesajen.

9. Sial karena kejatuhan cicak
Apabila ada cicak jatuh kekepala maka pertanda sial. Keyakinan ini banyak diyakini masyarakat Indonesia padahal kesialan seseorang tidak ada hubungan sama sekali dengan cicak.

10. Reinkarnasi
Reinkarnasi adalah keyakinan tentang ruh, yakni ruh yang telah mati akan menitis kepada makhluk lain. Bisa berujud manusia, bisa berujud hewan, padahal dalam Islam tidak ada diajarkan keyakinan seperti ini karena yang seperti ini adalah termasuk kedalam syirik.

11. Jin bertengger di gambar bernyawa
Banyak di kalangan masyarakat Indonesia tidak menyadari bahwa foto-foto,patung,dan hiasan yang bernyawa lainya dapat menjadi sarang jin. Yang dilarang adalah memajang gambar bernyawa dalam rumah.

12. 40 hari menjadi sakti
Masa 40 hari memiliki makna khusus bagi orang tertentu. Untuk menjadi manusia yang super dan punya ilmu tertentu maka mereka menjadikan 40 hari itu untuk menyepi, semedi, puasa, dan ritual lainnya. Sementara ibdah yang dilakukan dalam masa 40 hari itu tidak ada diajarkan oleh Rasul saw.

13. Pengajian ghaib
Pengajian ini dengan cara mengahadirkan ruh para orang shaleh untuk memberi pengajian. Ruh tersebut masuk kedalam tubuh orang yang menjadi media…. Cara Ini adalah kebathilan

14. Hewan-hewan keramat
Menjadikan hewan keramat adalah pekerjaan bodoh, karena hewan itu lebih hina derajatnya dari manusia, lalu kenapa dimuliakan ???

15. Qulhu sungsang sebagai mantera kesaktian
Membalik membaca alquran (Qulhu Sunsang) adalah bathil karena merusak dan mengacak-acak ayat Allah. Banyak orang melakukan ini untuk berbagai tujuan.

16. Primbon, fengshui dan mujarobat
Allah yang mengatur pergantian hari, menganggap jahat suatu hari berarti menganggap jahat yang mengaturnya ( Allah ). Ini kategori Syirik.

17. Rajah penjaga rumah
Tidak layak seorang mukmin memelihara rajah atau jimat. Bahka wajib atas kita untuk merusak dan membuangnya. Jika kita menemukan itu dirumah orang lain maka disediakan pahala yang besar bagi yang membuangnya.

18. Mitos biji tasbih
Sebagian orang menganggap bahwa mengalungkan tasbih dileher sangat cocok untuk taqarrub kepada Allah. Ini hasil penafsiran otak-atik orang sufi yang tidak ada dasarnya sama sekali.

19. Meramal nasib dengan weton atau zodiac
Berbeda dengan kalangan tua, kaum muda dan remaja yang sok gaul dan merasa lebih pede menentuka hari esoknya dengan ramalan zodiak dan ramalan bintang, atau lebih dikenal dengan istilah astrologi.

20. Misteri angka 13
Angka 13 diyakini menjadi momok karena dapat menjadi sumber kesialan. Padahal angka 13 itu tidak dapat memberikan apapun kesetiap makhluk, lalu kenapa harus dianggap dapat mendatangkan sial ?. berfikirlah ???

21. Nyadran dan pasudan penghujung sya’ban

22. Bintang beralih, tanda kematian

23. Sakit-sakitan karena tak kuat menyandang nama

24. Tabur bunga diatas pusara ( pada saat ziarah kubur)

25. Negeri seribu hantu

26. Menghadirkan arwah ( pada saat upacara peringatan hari kematian)

27. Khadam asmaul Husna ( yang dipajang didalam rumah)

28. Mendadak sakti dengan ilmu laduni

29. Debus dianggap karamah

MASIHKAH KITA PERCAYA DENGAN YANG TAKHAYUL…..????
MASIHKAH KITA PERCAYA DENGAN KHURAFAT YANG BATHIL ???
MASIHKAH KITA PERCAYA DENGAN KEYAKINAN YANG SEBENARNYA TIDAK PERNAH DIAJARKAN RASULULLAH SAW ?????

Ringkasan : Kitab Bid’ah dan Khurafat di Indonesia, Abu Umar Abdillah, Wafa Press, Klaten

Muallif : Ali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar