Minggu, 24 Februari 2013

Puasalah kalian niscaya kalian akan sehat

Tidak dapat dipungkiri bahwa shaum/puasa sangatlah berfaedah bagi kesehatan. Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa Puasa dapat mencegah bahkan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kita juga sudah biasa mendengar para da’i/ustadz/kiyai yang mengatakan bahwa “Puasa itu sehat/menyehatkan” hadistnya shahih, akan tetapi banyak diantara kita yang belum mengetahui mengenai kedudukan hadist tersebut sehingga tulisan dari Al-ustadz Abu ‘Abdirrahman Luqman Jamal berikut ini sangatlah bermanfaat agar kita tidak “keseleo lidah” mengatakan bahwa ungkapan tadi berasal dari hadist.
Selamat Menyimak..
صُوْمُوْا تَصِحُّوْا
“Puasalah kalian niscaya kalian akan sehat”
Hadits dengan lafazh ini mempunyai beberapa jalan:
Kesatu : dari jalan Muhammad bin Sulaiman bin Abi Daud dari Zuhair bin Muhammad Al-Khurasany dari Suhail bin Abi Sholeh dari Abu Hurairah, beliau berkata Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wa alihi wa sallam bersabda:
اغْزُوْا تَغْنَمُوْا وَصُوْمُوْا تَصِحُّوْا وَسَافَرُوْا تَسْتَغْنَوْا
“Berperanglah kalian, niscaya kalian akan mendapatkan ghonimah (harta rampasan perang), puasalah kalian niscaya kalian sehat, safarlah kalian niscaya kalian berkecukupan”.
Dikeluarkan oleh Ath-Thobarany dalam Al-Ausath jilid 8 hal.174 no.8312 dan Abu Nu’aim dalam Ath-Thib -sebagaimana dalam Silsilah Ahadits Adh-Dho’ifah jilid 1 hal.420-.
Berkata Ath-Thobarany setelah menyebutkan hadits ini : “Tidak meriwayatkan hadits ini dengan lafazh ini kecuali Zuhair”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar